News

2010

 

Aircraft Accident Investigation Report - Update (27/12/2010)
 

Preliminary Report (Aviation Division) :  

   
  PT. Lion Mentari Airlines (Lion Air), PK–LIQ, Boeing B737-400
      Supadio Airport, Pontianak - West Kalimantan, 2 November 2010
      File Report :  KNKT.10.11.17.04
 
 

Investigasi Kecelakaan Kapal Laut - Update (28/10/2010)
 

Laporan Final (Maritime Division) :  

   
  Tubrukan antara KM. Bosowa VI dengan KM. Shinpo 18
      Perairan 18 NM Sebelah Utara Pelabuhan Celukan Bawang, Singaraja, Bali, 2 Juni 2010
      File Report :  KNKT-10-06-04-03

   
  Tubrukan antara MT. Soechi Chemical XIX dengan KM. Dian No.1
      15 NM sebelah utara Pelabuhan Tanjung Priok, DKI Jakarta, 19 Mei 2010
      File Report :  KNKT-10-05-03-03

   
  Ledakan di Kamar Mesin KM. GEMILANG
      Kade 103 Pelabuhan Soekarno Hatta, Makasar, Sulawesi Selatan, 12 April 2010
      File Report :  KNKT-10-04-02-03
  
 

Safety Recommendations (19/10/2010)

Komite Nasional Keselamatan Transportasi telah mengirim Rekomendasi Segera yang disusun dalam Laporan Perdahuluan
investigasi kecelakaan kereta api PLH Tumburan KA 116 Senja Utama Semarang dan KA 4 Argobromo Anggrek di Km 113+400/300
Emplasemen Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah tanggal 2 Oktober 2010 pada wilayah operasional Daop IV Semarang
PT Kereta Api (Persero).

Berikut ini Rekomendasi Segera yang ditujukan kepada Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, yaitu untuk :

          a. Mengkaji ulang Gapeka (dengan mempertimbangkan kemampuan sarana, prasarana dan sumber daya
              manusia yang ada) sehingga perjalanan KA mendekati jadwal yang berakibat pemindahan persilangan
              dapat diminimalkan.

          b. Melakukan pengujian terhadap kelaikan kereta terutama ketahanan struktur kereta-kereta yang sudah tua.

          c. Mengkaji penggunaan dan peraturan tentang penerapan Automatic Train Stop system untuk meningkatkan
             keselamatan kereta api.


Dan Rekomendasi Segera ditujukan kepada PT. Kereta Api (Persero) untuk :

          a. Segera dibuatkan telegram mengenai KA berjalan langsung di St. Petarukan dari arah St. Pemalang ke
              St. Comal dengan kecepatan maksimum 30 Km/jam sesuai dengan pembatas kecepatan yang ditampilkan
              pada sinyal masuk.

          b. Mencatat telegram tentang pembatasan kecepatan dalam Laporan Perjalanan Kereta Api (LAPKA) dan Laporan
              Harian Masinis (LHM).

          c. Mengatur jam dinasan masinis dan asisten masinis serta petugas operasional (PK dan PPKA) dengan
             mempertimbangkan waktu istirahat yang memadai.

          d. Mewajibkan PK untuk memberitahukan posisi KA lawan persilangan kepada masinis di wilayahnya.

          e. Mewajibkan tempat tinggal masinis sedekat mungkin dari tempat serah terima lokomotif.

          f. Segera memfungsikan data logger di St. Petarukan untuk perekaman kondisi persinyalan termasuk gangguan
             persinyalan di stasiun.

          g. Bekerja sama dengan penyelenggara prasarana untuk menerapkan Automatic Train Stop system sehingga
              meningkatkan keselamatan pengoperasian kereta api.

          h. Melakukan pembinaan dan pengawasan disiplin operasional petugas dan awak KA sesuai dengan peraturan
              yang berlaku.

          i. Melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan kereta-kereta yang sudah tua terutama ketahanan strukturnya.


Laporan Akhir hasil investigasi akan dipublikasikan 3 (tiga) bulan setelah terjadinya PLH. Hingga saat ini, KNKT masih melakukan
analisis untuk penentuan penyebab terjadinya kecelakaan sehingga dapat disusun rekomendasi keselamatan dan safety actions
yang telah dilakukan pihak-pihak yang terkait kecelakaan sebagai upaya penanganan dan pencegahan kecelakaan.


 

Investigasi Kecelakaan Kereta Api (07/07/2010)
 

Laporan Final (Railway Division) :  

   
  Anjlokan KA 80 Mutiara Timur
      Di Km 210+100/200 Petak jalan antara Stasiun Kalisat – Stasiun Kotok, Jawa Timur, 28 Februari 2010
      File Report :  KNKT-10-02-01-02
 
 

Investigasi Kecelakaan Kapal Laut (23/06/2010)
 

Laporan Final (Maritime Division) :  

   
  Tenggelamnya KM. Ammana Gappa
      27 NM Sebelah Barat Tanjung Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat, 6 Maret 2010
      File Report :  KNKT-10-03-01-03
  
 

Investigasi Kecelakaan Kereta Api (11/06/2010)
 

Laporan Final (Railway Division) :  

   
  PLH As Patah Lokomotif CC 20143
      Di Km 301+3/4 Petak jalan antara Stasiun Prupuk – Stasiun Linggapura, Jawa Tengah, 27 Juli 2009
      File Report :  KNKT-09-07-04-02
 
   
  Tumburan KA 49 Rajawali dengan KA 1002 Antaboga
      Di Km 131+350 Emplasemen Stasiun Kapas, Bojonegoro, Jawa Timur, 23 Januari 2009
      File Report :  KNKT-09-01-01-02
 
 

Aircraft Accident Investigation Report (27/05/2010)
 

Final Report (Aviation Division) :  

   
  PT. Aviastar Mandiri, PK–BRS, Twin Otter DHC6-300
      Ewer Airstrip, West Papua - Papua, 12 December 2008
      File Report :  KNKT.08.28.12.04
 
   
  PT. ASI Pudjiastuti (Susi Air), PK–VVL, Diamond Star DA40
      Shooting Field - Infantry Training Center, Cipatat - Padalarang, West Java, 28 October 2008
      File Report :  KNKT.08.10.23.04
 
   
  PT. Wings Abadi Airlines, PK–LMS, Boeing Company MC Donnell Douglas DC9-82
      Juanda Airport, Surabaya, East Java, 20 October 2008
      File Report :  KNKT.08.10.21.04
 
   
  PT. Merpati Nusantara Airlines, PK–MBP, Boeing 737-300
      Mopah Airport - Merauke, Papua, 28 January 2008
      File Report :  KNKT.08.01.03.04
 
   
  PT. Dirgantara Air Service, PK–VSE, Casa 212-200
      En-route Tarakan – Long Apung, East Kalimantan, 26 January 2008
      File Report :  KNKT.08.01.02.04
 
   
  Trigana Air Service, PK–YRU, de Havilland DHC 6-300 Twin Otter
      Mulia Airstrip, Papua, 1 June 2007
      File Report :  KNKT.07.14.06.04
 
 

Investigasi Kecelakaan Kapal Laut (25/05/2010)
 

Laporan Final (Maritime Division) :  

   
  Tenggelamnya KM. Dumai Express 10
      Perairan Pulau Iyu Kecil, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, 22 November 2009
      File Report :  KNKT-09-11-04-03
 
   
  Terbaliknya Mt. Kharisma Selatan
      Dermaga Mirah, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, 18 Desember 2007
      File Report :  KNKT-07-12-07-03
 
   
  Terbaliknya KM. Acita - 03
      Pesisir Pantai Lakeba, Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, 18 Oktober 2007
      File Report :  KNKT-07-10-06-03
 
   
  Tenggelamnya KM. Wahai Star
      Pulau Tiga Nusa Telu, Ambon, 10 Juli 2007
      File Report :  KNKT-07-07-05-03
 
 

Aircraft Accident Investigation Report (12/05/2010)
 

Preliminary Report (Aviation Division) :  

   
  PT. Merpati Nusantara, PK–MDE, Boeing 737-300
      Rendani Airport, Manokwari - Papua Barat, 13 April 2010
      File Report :  KNKT.10.04.09.04
 
 

Aircraft Accident Investigation Report (21/04/2010)
 

Final Report (Aviation Division) :
 

   
  PT. Merpati Nusantara Airline, PK–NVC, De Haviland DHC6 Twin Otter
      Near Ambisil / Okbibab, Papua, Republic of Indonesia, 2 August 2009
      File Report :  KNKT 09.08.21.04

 
Preliminary Report (Aviation Division) :  

   
  PT. Metro Batavia Airline, PK–YTR, Boeing 737-200
      Juanda International Airport, Surabaya, 13 February 2010
      File Report :  KNKT.10.02.05.04
 
   
  PT. Trigana Air Service, PK–YRP, ATR 42-320
      Samboja Area, Km 41 Balikpapan, East Kalimantan, 11 February 2010
      File Report :  KNKT.10.02.04.04
 
   
  PT. Manunggal Air Service, 4L-IFE, Antonov AN-26B
      Wamena Airport, Papua, 28 January 2010
      File Report :  KNKT.10.01.01.04

 

Aircraft Accident Investigation Report (11/03/2010)
 

Final Report (Aviation Division) :
 

   
  PT. Garuda Indonesia, PK–GGQ, Boeing Company 737-300
      Soekarno – Hatta Airport, Jakarta, 30 October 2009
      File Report :  KNKT.09.10.26.04

   
  PT. Garuda Indonesia, PK–GZI, Boeing Company 737-400
      Ngurah Rai Airport, Denpasar, Bali, 28 October 2008
      File Report :  KNKT 08.10.24.04

   
  AMA (Association of Mission Aviation), PK–RCZ, Pilatus Porter PC-6
      En-route Taive II – NduNdu, Papua, 9 August 2008
      File Report :  KNKT 08.08.17.04

   
  PT. Garuda Indonesia, PK–GZN, Boeing Company 737-400
      Syamsudin Noor Airport, Banjarmasin, Kalimantan, 23 July 2008
      File Report :  KNKT 08.07.16.04

   
  PT. Sriwijaya Air, PK–CJC, Boeing Company 737-300
      Depati Amir Airport, Pangkal Pinang, 18 April 2008
      File Report :  KNKT 08.04.09.04

   
  Admal Sdn. Bhd. Malaysia, 9M–BDI, Cessna 172M
      M42 NM north west of Depati Amir Airport, Pangkal Pinang, 16 November 2007
      Republic of Indonesia
      File Report :  KNKT 07.11.31.04

 

 




TOP


Back to NTSC Menu