|
News
2010
Aircraft Accident Investigation Report - Update
(27/12/2010)
Preliminary Report (Aviation Division)
:
•
PT. Lion Mentari Airlines (Lion Air),
PK–LIQ, Boeing B737-400
Supadio Airport, Pontianak - West Kalimantan, 2
November 2010
File Report :
KNKT.10.11.17.04
Investigasi Kecelakaan Kapal Laut - Update
(28/10/2010)
Laporan Final (Maritime Division)
:
•
Tubrukan antara KM. Bosowa VI dengan KM. Shinpo 18
Perairan 18 NM Sebelah Utara Pelabuhan Celukan
Bawang, Singaraja, Bali, 2 Juni 2010
File Report :
KNKT-10-06-04-03
•
Tubrukan antara MT. Soechi Chemical XIX dengan KM. Dian No.1
15 NM sebelah utara Pelabuhan Tanjung Priok, DKI
Jakarta, 19 Mei 2010
File Report :
KNKT-10-05-03-03
•
Ledakan di Kamar Mesin KM. GEMILANG
Kade 103 Pelabuhan Soekarno Hatta, Makasar,
Sulawesi Selatan, 12 April 2010
File Report :
KNKT-10-04-02-03
Safety Recommendations
(19/10/2010)
Komite Nasional Keselamatan Transportasi telah mengirim Rekomendasi
Segera yang disusun dalam Laporan Perdahuluan
investigasi kecelakaan kereta api PLH Tumburan KA 116 Senja Utama
Semarang dan KA 4 Argobromo Anggrek di Km 113+400/300
Emplasemen Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah tanggal 2 Oktober 2010 pada
wilayah operasional Daop IV Semarang
PT Kereta Api (Persero).
Berikut ini Rekomendasi Segera yang ditujukan kepada Direktorat
Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, yaitu untuk :
a. Mengkaji ulang Gapeka
(dengan mempertimbangkan kemampuan sarana, prasarana dan sumber daya
manusia yang ada) sehingga perjalanan KA mendekati jadwal yang berakibat
pemindahan persilangan
dapat diminimalkan.
b. Melakukan pengujian
terhadap kelaikan kereta terutama ketahanan struktur kereta-kereta yang
sudah tua.
c. Mengkaji penggunaan
dan peraturan tentang penerapan Automatic Train Stop system untuk
meningkatkan
keselamatan kereta api.
Dan Rekomendasi Segera ditujukan kepada PT. Kereta Api (Persero)
untuk :
a. Segera dibuatkan
telegram mengenai KA berjalan langsung di St. Petarukan dari arah St.
Pemalang ke
St. Comal dengan kecepatan maksimum 30 Km/jam sesuai dengan pembatas
kecepatan yang ditampilkan
pada sinyal masuk.
b. Mencatat telegram
tentang pembatasan kecepatan dalam Laporan Perjalanan Kereta Api (LAPKA)
dan Laporan
Harian Masinis (LHM).
c. Mengatur jam dinasan
masinis dan asisten masinis serta petugas operasional (PK dan PPKA)
dengan
mempertimbangkan waktu istirahat yang memadai.
d. Mewajibkan PK untuk
memberitahukan posisi KA lawan persilangan kepada masinis di wilayahnya.
e. Mewajibkan tempat
tinggal masinis sedekat mungkin dari tempat serah terima lokomotif.
f. Segera memfungsikan
data logger di St. Petarukan untuk perekaman kondisi persinyalan
termasuk gangguan
persinyalan di stasiun.
g. Bekerja sama dengan
penyelenggara prasarana untuk menerapkan Automatic Train Stop system
sehingga
meningkatkan keselamatan pengoperasian kereta api.
h. Melakukan pembinaan
dan pengawasan disiplin operasional petugas dan awak KA sesuai dengan
peraturan
yang berlaku.
i. Melakukan pemeriksaan
terhadap kelaikan kereta-kereta yang sudah tua terutama ketahanan
strukturnya.
Laporan Akhir hasil investigasi akan dipublikasikan 3 (tiga) bulan
setelah terjadinya PLH. Hingga saat ini, KNKT masih melakukan
analisis untuk penentuan penyebab terjadinya kecelakaan sehingga dapat
disusun rekomendasi keselamatan dan safety actions
yang telah dilakukan pihak-pihak yang terkait kecelakaan sebagai upaya
penanganan dan pencegahan kecelakaan.
Investigasi Kecelakaan Kereta Api
(07/07/2010)
Laporan Final (Railway Division)
:
•
Anjlokan KA 80 Mutiara Timur
Di Km 210+100/200 Petak jalan antara Stasiun
Kalisat – Stasiun Kotok, Jawa Timur, 28 Februari 2010
File Report :
KNKT-10-02-01-02
Investigasi Kecelakaan Kapal Laut
(23/06/2010)
Laporan Final (Maritime Division)
:
•
Tenggelamnya KM. Ammana Gappa
27 NM Sebelah Barat Tanjung Rangas, Mamuju,
Sulawesi Barat, 6 Maret 2010
File Report :
KNKT-10-03-01-03
Investigasi Kecelakaan Kereta Api
(11/06/2010)
Laporan Final (Railway Division)
:
•
PLH As Patah Lokomotif CC 20143
Di Km 301+3/4 Petak jalan antara Stasiun Prupuk –
Stasiun Linggapura, Jawa Tengah, 27 Juli 2009
File Report :
KNKT-09-07-04-02
•
Tumburan KA 49 Rajawali dengan KA 1002 Antaboga
Di Km 131+350 Emplasemen Stasiun Kapas,
Bojonegoro, Jawa Timur, 23 Januari 2009
File Report :
KNKT-09-01-01-02
Aircraft Accident Investigation Report
(27/05/2010)
Final Report (Aviation Division)
:
•
PT. Aviastar Mandiri,
PK–BRS, Twin Otter DHC6-300
Ewer Airstrip, West Papua - Papua, 12 December 2008
File Report :
KNKT.08.28.12.04
•
PT. ASI Pudjiastuti (Susi Air),
PK–VVL,
Diamond Star DA40
Shooting Field - Infantry Training Center,
Cipatat - Padalarang, West Java, 28 October 2008
File Report :
KNKT.08.10.23.04
•
PT. Wings Abadi Airlines,
PK–LMS, Boeing Company MC Donnell
Douglas DC9-82
Juanda Airport, Surabaya, East Java, 20 October
2008
File Report :
KNKT.08.10.21.04
•
PT. Merpati Nusantara Airlines,
PK–MBP, Boeing 737-300
Mopah Airport - Merauke, Papua, 28 January 2008
File Report :
KNKT.08.01.03.04
•
PT. Dirgantara Air Service,
PK–VSE, Casa 212-200
En-route Tarakan – Long Apung, East Kalimantan,
26 January 2008
File Report :
KNKT.08.01.02.04
•
Trigana Air Service,
PK–YRU, de Havilland DHC 6-300
Twin Otter
Mulia Airstrip, Papua, 1 June 2007
File Report :
KNKT.07.14.06.04
Investigasi Kecelakaan Kapal Laut
(25/05/2010)
Laporan Final (Maritime Division)
:
•
Tenggelamnya KM. Dumai Express 10
Perairan Pulau Iyu Kecil, Tanjung Balai Karimun,
Kepulauan Riau, 22 November 2009
File Report :
KNKT-09-11-04-03
•
Terbaliknya Mt. Kharisma Selatan
Dermaga Mirah, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya,
18 Desember 2007
File Report :
KNKT-07-12-07-03
•
Terbaliknya KM. Acita - 03
Pesisir Pantai Lakeba, Bau-Bau, Sulawesi
Tenggara, 18 Oktober 2007
File Report :
KNKT-07-10-06-03
•
Tenggelamnya KM. Wahai Star
Pulau Tiga Nusa Telu, Ambon, 10 Juli 2007
File Report :
KNKT-07-07-05-03
Aircraft Accident Investigation Report
(12/05/2010)
Preliminary Report (Aviation Division)
:
•
PT. Merpati Nusantara,
PK–MDE, Boeing 737-300
Rendani Airport, Manokwari - Papua Barat, 13
April 2010
File Report :
KNKT.10.04.09.04
Aircraft Accident Investigation Report
(21/04/2010)
Final Report (Aviation Division)
:
•
PT. Merpati Nusantara Airline,
PK–NVC,
De Haviland DHC6 Twin Otter
Near Ambisil / Okbibab, Papua, Republic of Indonesia,
2 August 2009
File Report :
KNKT 09.08.21.04
Preliminary Report (Aviation Division)
:
•
PT. Metro Batavia Airline,
PK–YTR, Boeing 737-200
Juanda International Airport, Surabaya, 13
February 2010
File Report :
KNKT.10.02.05.04
•
PT. Trigana Air Service,
PK–YRP,
ATR 42-320
Samboja Area, Km 41 Balikpapan, East Kalimantan,
11 February 2010
File Report :
KNKT.10.02.04.04
•
PT. Manunggal Air Service,
4L-IFE, Antonov AN-26B
Wamena Airport, Papua, 28 January 2010
File Report :
KNKT.10.01.01.04
Aircraft
Accident
Investigation Report
(11/03/2010)
Final Report (Aviation Division)
:
•
PT. Garuda Indonesia,
PK–GGQ,
Boeing Company 737-300
Soekarno – Hatta Airport, Jakarta, 30 October 2009
File Report :
KNKT.09.10.26.04
•
PT. Garuda Indonesia,
PK–GZI,
Boeing Company 737-400
Ngurah Rai Airport, Denpasar, Bali, 28 October
2008
File Report :
KNKT 08.10.24.04
•
AMA (Association of Mission Aviation),
PK–RCZ,
Pilatus Porter PC-6
En-route Taive II – NduNdu, Papua, 9 August 2008
File Report :
KNKT 08.08.17.04
•
PT. Garuda Indonesia,
PK–GZN,
Boeing Company 737-400
Syamsudin Noor Airport, Banjarmasin, Kalimantan,
23 July 2008
File Report :
KNKT 08.07.16.04
•
PT. Sriwijaya Air,
PK–CJC,
Boeing Company 737-300
Depati Amir Airport, Pangkal Pinang, 18 April
2008
File Report :
KNKT 08.04.09.04
•
Admal Sdn. Bhd. Malaysia,
9M–BDI,
Cessna 172M
M42 NM north west of Depati Amir Airport, Pangkal
Pinang, 16 November 2007
Republic of Indonesia
File Report :
KNKT 07.11.31.04
TOP
Back
to NTSC Menu
|